Wednesday, November 28, 2012

Makeup at Every Age

Kapan sih saat yang tepat buat memakai makeup? Pasti banyak yang bertanya-tanya dalam hati pertanyaan seperti ini. Menurut saya, memakai makeup itu ada tingkatan perbedaannya pada setiap umur. Kali ini saya akan membahas tentang makeup yang pantas digunakan berdasarkan tingkatan umur.

Teens
Biasanya sekitar usia 13-15 tahun atau ketika kita mulai masuk sekolah menegah kita sebagai perempuan sudah mulai penasaran dengan yang namanya makeup. Mulai lah dengan mencoba-coba memakai Liptick atau mulai membeli makeup. Kalau kamu masih sekolah saya tidak menganjurkan kamu untuk memakai makeup kesekolah. Apalagi di Indonesia, peraturan sekolah melarang siswa nya untuk memakai makeup. Tapi tidak ada salahnya kamu mencoba sedikit bermakeup kalau kamu mau pergi jalan-jalan pada waktu weekends. Utuk wajah, saya tidak menganjurkan kamu untuk memakai Foundation. Cukup memakai Moisturiser, Sun Screen dan Bedak Padat atau Bedak Tabur. karena kasian kulit kamu yang masih muda kalau harus mamakai foundation. Pori-pori kamu akan lebih tertutup kulit akan sulit untuk bernafas. Pakai sedikit Blush On warna pink muda agar kamu terlihat fresh. Kamu boleh memakai Tinted Lip Balm, Lipgloss ataupun Lipstick warna muda. Untuk riasan mata, jangan sekali-kali kamu merapikan alis dan memakai Pensil Alis kalau kamu masih sekolah. Karena kamu akan terlihat lebih tua dari umur kamu sebenarnya. Kamu bisa menggunakan Eyeshadow warna soft seperti pink muda ataupun ungu muda. Gunakan Mascara warna hitam ataupun bening agar mata kamu terlihat lebih bersinar.

Twenties
Pada usia dua puluhan ini adalah saatnya kamu bereksperimen dengan makeup. Kalau kamu masih kuliah, untuk sehari-hari untuk wajah kamu bisa mengunakan Moisturiser, Sun Screen dan Bedak Padat. Kalau kamu mau, kamu boleh merapikan alis kamu, tapi jangan dibentuk. Gunakan Mascara dan aplikasikan Eyeliner yang tipis dan sedekat mungkin dengan bulu mata, agar terlihat lebih natural. Kamu juga sudah mulai dianjurkan untuk memakai EyeCream. Nah untuk bepergian, kamu boleh mulai mencoba menggunakan Sheer Foundation, Tinted Moisturiser ataupun BB Cream. Kalau umur kamu pertengahan dua puluh kamu boleh menggunakan Medium atau Full Coverage Foundation. Aplikasikan bedak tabur diatasnya dengan menggunakan brush agar terlihat lebih ringan. Lalu aplikasikan Blush On warna cerah sesuai selera kamu. Gunakan Bronzer buat mengkontur tulang pipi, hidung dan dahi kamu. Isi alis kamu dengan meggunakan eyeshadow warna coklat ataupun sekarang ini banyak sekali dijual dalam bentuk Eye Brown Kit, kamu bias menggunakannya. Untuk Eyeshadow kamu bisa bereksperimen menggunakan warna-warna terang dan cerah dan bisa menggunakan Eyeshadow jenis apa saja. Gunakan Mascara dan Eyeliner, kamu boleh mencoba Mascara dan eyeliner bewarna. Bentuk sesuai selera kamu, mau tebal, tipis ataupun dengan sedikit sayap. Gunakan juga Eyeliner pada waterline bagian bawah mata kamu. Untuk Bibir, kamu boleh menggunakan warna apa saja yang kamu suka..Warna Ungu tua pun boleh kalau kamu mau, karena pada usia ini saatnya kamu bersuka ria dengan makeup, hahaha...

Thirties
Nah usia ini adalah usia yang sedang saya jalani saat ini;) Usia tiga puluhan ini saatnya kamu untuk bermakeup lebih mature. Gunakan Serum-serum yang sudah mulai kamu perlukan. Kemudian Moisturiser, Sun Screen dan jangan lupa untuk selalu menggunakan Eye Cream. Pada wajah, kamu bisa mengggunakan Foundation dan Bedak Tabur atau Padat.  Gunakan Concealer untuk menutupi lingkaran hitam pada bawah mata kamu. Gunakan Blush On bewarna Peach atau Coral Pink agar kamu tidak terlihat pucat. Gunakan Bronzer untuk menkontur tulang pipi, hidung dan dahi kamu. Bentuk alis kamu sedikit lebih naik ataupun mengikuti bentuk natural alis kamu menggunakan Pensil Alis, lalu isi dengan menggunakan Eyeshadow warna coklat. Untuk Eyeshadow, ini saatnya untuk menggunakan warna-warna netral, seperti Brown, Gold, Bronze, Cooper, Taupe. Kamu juga bisa menggunakan warna-warna lain seperti Ungu, asalkan bukan warna yang cerah. Kamu masih boleh menngunakan Shimering Eyeshadow ataupun Metalic Eyeshadow. Jangan lupa untuk selalu menggunakan Macara dan Eyeliner. Gunakan Lipstik atau Lipgloss warna cerah ataupun soft

Fourties Plus
Siapa bilang usia Empat puluhan sudah tidak perlu memakai makeup lagi. Tentu saja sebagai wanita kita masih ingin terlihat cantik dan menarik. Untuk wajah, seperti pada usia tiga puluhan gunakanlah serum-serum yang bisa memperlambat penuaan dan jangan lupa untuk selalu menggunakan Eye Cream. Percaya atau tidak, selain faktor genetik, kulit yang dirawat dapat memperlambat penuaan. Gunakan Sheer Coverage atau Medium coverage Foundation. Jangan menggunakan Full Coverage Foundation, karena itu akan memperjelas kerut-kerut pada wajah. Gunakan concealer untuk menutupi lingkaran hitam pada bawah mata. Agar terlihat lebih cerah, gunakan Blush On bewarna soft. Tidak perlu memakai Bronzer. Pada usia ini, kerutan pada mata sudah mulai terlihat lebih jelas, kelopak mata akan mulai turun. Pada usia ini tentu saja masih boleh memakai eye makeup hanya saja pilihan warna yang digunakan lebih terbatas. Gunakan warna-warna yang netral hanya saja lebih soft dalam mengaplikasikannya. Sebaiknya gunakan Matte Eyeshadow, jangan menggunakan Eyeshadow yang mengandung shimmer apa lagi metallic. Agar mata tidak terlihat turun, gambar alis sedikit naik dan gunakan Eyeliner pencil hanya pada ujung mata saja membentuk sayap. Untuk usia pertengahan empat puluh, jangan menggunakan Eyeliner cair, karena terlihat kurang natural. Gunakan Lipstick atau Lipgloss bewarna soft ataupun netral.

Semoga pembahasan ini membantu kamu yang ragu untuk memakai makeup. Tanpa memakai makeup pun kamu sudah cantik dan menarik, tapi dengan memakai makeup kamu bisa mengkoreksi kekurangan yang ada pada wajah kamu dan membuat kamu terlihat lebih beda kalau kamu akan menghadiri suatu pesta undangan ataupun acara-acara yang menurut kamu special, jadi jangan ragu untuk memakai makeup. Sebagai wanita kita perlu untuk bisa dan tau cara menggunakan dan mengaplikasikan  makeup. Kamu tidak perlu memakai makeup sehari-hari kalau di rumah. Seperti kata teman saya, dengan bisa memakai makeup sendiri, kamu bisa lebih hemat tanpa harus mengeluarkan uang untuk dipasangin makeup di Salon;)

No comments:

Post a Comment