Thursday, October 25, 2012

Pentingnya Moisturizer & Sunblock

Jangan pernah menyepelekan 2 macam skincare ini. Namanya saja skincare, artinya produk ini yang membantu kita merawat kulit. Jangan sampe menyesal di kemudian hari seperti saya:( Ketika saya mulai ABG, Ibu saya selalu mengingatkan agar selalu pakai bedak, katanya supaya sinar matahari tidak langsung kena kulit. saya masih nurut-nurut saja memakai bedak setiap keluar rumah. Nah ketika usia saya mulai remaja, saya di suruh untuk memakai pelembab. Tapi entah kenapa saya suka malas, alasannya muka jadi berminyak lah, gak cocok sama brand nya lah, bikin jerawat lah, pokoknya selalu saja ada alasan. Saya baru benar-benar mau pakai pelembab ketika kuliah. Setelah pindah kesini, kemalasan saya memakai pelembab di mulai lagi, padahal udara disini sangat kering. Saya hanya pakai pelembab kalau mau pergi saja. Saya juga malas pakai sunblock dengan alasan pelembabnya sudah mengandung SPF. Daaaaannn setahun kemudian muncul lah bintik-bintik coklat di wajah saya.. Mula-mula hanya sedikit, lama-lama mulai menyebar yang namanya flek ini di wajah saya. Menyesal sekali rasanya, karena flek di wajah ini lumayan mengganggu buat saya. Oleh karena itu biar kalian tidak ikut meyesal seperti saya, saya akan membahas tentang Pelembab atau Moisturizer dan Sunblock.

Moisturizer adalah bagian terpenting dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Gunakanlah moisturizer setiap setelah kamu mencuci muka, agar kulit terlihat lebih lembab, cerah, sehat dan juga memperbaiki kekurangan pada kulit. Gunakanlah moisturizer yang mengandung SPF dan carilah moisturizer yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit kamu. Ada beberapa macam moisturizer berdasarkan jenis kulit, yaitu:

Untuk jenis kulit berminyak
Banyak orang yang memiliki jenis kulit berminyak takut memakai moisturizer karena takut berjerawat. Walaupun kulit kamu berminyak, tetap saja kulit memerlukan moisturizer. Oleh karena itu, cari lah moisturizer yang ringan berbahan dasar air atau oil free agar tidak menyumbat pori-pori.

Untuk kulit kering
Moisturizer sangat penting sekali untuk jenis kulit kering. Carilah moisturizer yang berbahan dasar minyak atau oil based. Untuk kulit yang sangat kering, cobalah moisturizer yang berbentuk cream. Walaupun kamu sudah memakainya ketika melakukan rutinitas perawatan wajah sehari-hari, Kamu harus mengulang pemakaian moisturizer ini.

Untuk kulit kombinasi
Untuk orang yang memiliki kulit kombinasi seperti saya memerlukan dua macam moisturizer. Gunakan moisturizer yang mengandung pbahan dasar air pada saat kulit dalam keadaan normal dan gunakan yang mengadung bahan dasar minyak pada saat kulit terasa kering.

Moisturizer untuk kulit sensitif
Orang yang memiliki kulit sensitif agak sulit untuk menemukan moisturizer yang tepat. Carilah moisturizer yang mengandung bahan hypoallergenic. Biasanya moisturizer untuk kulit sensitif tidak mengandung wangi-wangian. Dan pastikan moisturizer tersebut mengandung SPF untung melindungi kulit kamu dari sengatan matahari.

Sunblock atau tabir surya berguna untuk melindungi kulit kamu dari sengatan matahari. setiap sunblock selalu mengandung SPF. SPF singkatan dari Sun Protection Factor, berguna untuk melindungi kulit dari efek bahaya yang di timbulkan oleh radiasi ultraviolet matahari, Selain terdapat pada sunblock, biasanya terdapat juga pada produk-produk peraatan kulit atau pada makeup. Semakin tinggi sekalanya, semakin tinggi pula tingkat perlindungnnya. Misal, jika sunblock yang kamu pakai memiliki tingkat SPF15 akan melindungi kulit dari sekitar 95% sinar UV B, sedangkan SPF 30 melindungi dari sekitar 98% sinar UV B. Hasil perkalian antara level SPF dan jumlah waktu yang diperlukan sampai kulit kamu terbakar (tanpa tabir surya) sama dengan lamanya perlindungan yang dapat diberikan tabir surya itu. Bila kulit (tanpa tabir surya) mulai terbakar setelah 10 menit, maka setelah memakai produk ber-SPF 15, Kamu mendapat 150 menit perlindungan terhadap matahari. Biasanya tabir surya dengan SPF 15 sampai 25 lebih dari cukup untuk rata-rata kulit orang Indonesia. Kulit yang lebih sensitif terhadap matahari dan cenderung bewarna gelap, perlu tabir surya dengan SPF tinggi 30 atau lebih. Oh y, semakin tinggi tingkat SPF membuat kulit kamu semakin berminyak. Biasanya saya mengatasinya dengan memakai face primer, sehingga tidak terlalu berminyak. Karena saat disini mataharinya mulai terik, saya memakai sunblock dengan SPF 50/PA+++ kebayang dong bagaimana jadinya muka saya kalau tidak pakai face primer:) Semoga infonya bermanfaat ya, dan jangan lupa untuk selalu memakai moisturizer dan sunblock. Sayangi kulit kamu sebelum terlambat.

No comments:

Post a Comment