Friday, October 19, 2012

Foundation

Foundation itu gunanya untuk meratakan warna kulit, menutupi noda di wajah dan membuat riasan terlihat flawless. Kalau kamu bingung cari-cari warna foundation yg tepat buat kamu. Kamu bisa mencoba 3 warna yang mendekati bagian rahang. Jangan hanya mencoba di kulit bagian tangan. Kalau foundation itu ngeblend dengan warna kulit wajah kamu, berarti itu warna yang paling cocok buat di pakai. Jangan memakai foundation yang warnanya 1 tone lebih muda atau 1 tone lebih tua. Cari yang benar-benar mendekati warna kulit kamu biar hasilnya terlihat lebih natural. Untuk jenis kulit Normal, Kombinasi dan Berminyak, pilih water based foundations. Sedangkan untuk kulit yang kering kamu bisa pilih oil based foundations. Kali ini yang akan saya bahas adalah jenis foundation dalam hal menutupi, Foundation terbagi dalam 3 jenis, yaitu Sheer Coverage, Medium Coverage, Full Coverage.

1. Sheer Coverage
Foundation ini memiliki tingkat yang paling ringan. Artinya, dia menutupi warna kulit yang tidak rata, tapi tidak menutupi noda hitam di wajah atau noda bekas jerawat. Ketika di pakai rasanya sangat ringan. Orang yang punya kulit sensitif di anjurkan memakai foundation jenis ini, karena dia sifatnya tidak menyumbat pori-pori. Cocok buat di pakai sehari-hari. Foundation jenis ini biasanya berbentuk liquid/cair. Salah satu contoh sheer coverage foundation yang saya pakai yaitu, Bobbi Brown Natural Finish Long Lasting Foundation. Based on my experience, foundation ini sangat ringan, bisa di bilang seperti kulit kedua. Tapi tidak menutupi noda hitam dan bekas jerawat di kulit saya. Kamu masih memerlukan bantuan concealer. Hasil yang bisa kamu dapat yaitu glowing finish. Saya suka sekali memakai foundation jenis ini apa bila cuaca sedang panas. Contoh Foundation sheer cover lain yang bisa kamu pilih antara lain. MAC Sheer Coverage Foundation, NARS Sheer Glow Foundation, Revlon Photo Ready Airbrush Mousse, Maybelline Mineral Power Foundation, dan lain-lain.

2. Medium Coverage
Foundation ini memiliki tingkat sedang dalam hal menutup noda di wajah, yang artinya noda pada wajah sedikit lebih memudar. Kamu masih memerlukan bantuan Concealer agar noda tersebut benar-benar tertutup. Cocok juga untuk di pakai sehari-hari. Foundation jenis ini biasanya berbentuk liquid, powder atau cream. Foundation medium coverage yang saya pakai yaitu Bourjois Healthy Mix Foundation. Foundation ini sedikit menutupi noda di wajah saya dan hasil yang di dapat adalah glowing finish. Saya suka dengan foundation ini arena harganya yang affordable, ( walaupun di Australia semua harga makeup bisa 2,5x lipat harga di US) Untuk jenis hight street/drugstore makeup Foundation ini tidak kalah dengan high end/branded makeup. Contoh foundation medium coverage antara lain Lancome Teint Idole Ultra, Make Up For Ever HD, Revlon Color Stay Foundation, Clinique Even Better Makeup, Chanel Mat Lumiere, MAC Studio Fix Powder Foundation dan masih banyak lagi.

3. Full Coverage Foundation
Foundation ini memiliki tingkat yg paling tinggi untuk menutupi noda di wajah. Selain itu, foundation ini juga membuat kulit lebih terlihat flawless. Tapi lebih baik foundation jenis ini tidak di pakai buat sehari-hari. Karena foundation ini benar-benar menutupi pori-pori sehingga kulit sulit untuk bernafas. Foundation untuk jenis ini biasanya berbentuk stick, cream atau powder. Full coverage foundation yg saya pakai yaitu Estee Lauder Double Wear Stay In Place Makeup. Foundation ini menutupi noda hitam dan jerawat di wajah saya tergantung cara pemakaiannya. Kalau saya ingin benar-benar ingin hasil yang full coverage saya menggunakan brush atau sponge untuk mengaplikasikannya. Tetapi kalau saya hanya ingin hasil yang medium to full coverage saya mengaplikasikannya menggunakan tangan. Hasill yang di dapat yaitu matte finish. Jangan menggunakan foundation jenis ini apabila cuaca sedang panas, karena dia akan melumer bersama keringat. Contoh foundation jenis full coverage yang bisa kamu coba antara lain, Laura Mercier Silk Cream Foundation, Chanel Vitalumiere Aqua, Make Up For Ever Mat Velvet+, MAC Full Coverage Foundation dan lain-lain.

Sekian pembahasan foundation untuk kali ini, semoga bisa membatu kamu yang masih bingung dengan foundation. Semoga kalian suka dengan tulisan saya ini:)

1 comment:

  1. waaahhh foundy nya saya baru liat semua sis.. ini dapet darimana?
    salam kenal yaa... main juga ke blog saya :)
    http://naziezie.blogspot.com/

    ReplyDelete