Monday, October 22, 2012

Makeup Brushes

Makeup brushes berguna untuk membantu kita mengaplikasikan dan membaur warna makeup untuk menghasilkan hasil riasan yang berbeda-beda dan hasilnya terlihat lebih sempurna. Dulu saya pikir cara mengaplikasian makeup itu ya udah pakai aja aplikator yang ada di dalam kemasan makeup yang kita beli. Seperti aplikator dari sponge yang kecil-kecil itu buat eye shadow, brush kecil yang ada di dalam blush on, sponge yang terbuat dari kain buat bedak, dan lain-lain. Waktu kuliah saya ingin membeli makeup brushes. Tapi begitu liat, saya bingung harus beli yang mana. Akhirnya saya beli yang isinya ada 5, yaitu 3 brush buat eyeshadow, 1 brush buat blush on dan 1 brush buat powder. Saya bingung buat apa kok pakai eyeshadow harus banyak-banyak brush nya. Akhirnya saya pakai cuma sekedar membedakan mana buat warna terang dan mana buat warna gelap. Waktu itu yang saya dapat ternyata enak juga ya pakai makeup brushes. Produk makeupnya jadi lebih awet gak usah di pakai banyak-banyak tapi warnanya menempel karena tidak banyak menempel di aplikator-aplikator yang terbuat dari sponge. Setelah saya pindah ke Australia, di waktu-waktu sengang, saya suka nonton para makeup guru di Youtube. Maklum internet disini jauh lebih kencang dari pada waktu di Indonesia ( mau webcam an sama pacar aja gambarnya diem atau buffering mulu, hahaha..) Setelah saya baca dan melihat review berbagai macam brand makeup brushes, 2 tahun yang lalu saya memutuskan untuk beli satu set makeup brushes Sigma yang harga nya agak lumayan tapi kualitasnya tidak kalah sama makeup brushes nya MAC yang harganya cukup menguras kantong untuk satu buah makeup brush saja. (apa lagi beli disini, pengen nangis rasanya, mahal banget bok!!) Nah, sekarang saya jadi tau apa aja sih kegunaan makeup brushes yang seabreg-abreg itu. Sekarang saya akan bahas macam-macam makeup brushes. Untuk kegunaannya, makeup brushes di bagi dalam 3 bagian, face brushes, eye brushes & lip brushes.

1. Face Brushes
Digunakannya untuk mengaplikasikan foundation, concealer, powder dan blush.

-Foundation Brush
Brush ini di pakai untuk menggunakan Foundation. Biasanya terbuat dari bahan sintetis.

-Concealer Brush
Bentuk nya seperti foundation brush, tapi lebih kecil. Agar lebih mudah menjangkau bagian sudut mata dan cocok di gunakan untuk menutupi jerawat atau noda di wajah.

-Powder Brush
Bentuknya besar, berbulu halus, terbuat dari bulu alami. Sangat ideal untuk mengaplikasikan loose powder. Hasilnya lebih alami dan tidak terlihat tebal.

-Blush Brush
Bentuknya seperti powder brush, hanua saja lebih kecil dan bentuknya sedikit miring dan pipih. Gunanya untuk mengaplikasikan blush atau bronzer pada pipi.

2. Eye Brushes
Untuk jenis eye brushes ini banyak sekali macamnya. Seperti saya memiliki 15 macam eye brushes dengan kegunaan yang berbeda-beda. Bahkan untuk seorang makeup artis profesional dia bisa memiliki 30 macam eye brushes. Tp untuk seorang pemula, cukup memiliki 5 jenis yang paling dasar, yaitu:

- Eyebrow Brush
Bentuknya kaku, miring dan memiliki ujung yang pipih. Biasanya terbuat dari sintetis. Brush ini di gunakan untuk mengaplikasikan powder, atau wax pada alis.

-Eyeshadow Brush
Bentuknya tidak kaku, memiliki ujung yang berbentuk oval dan terbuat dari bulu alami. Gunanya untuk meratakan eyeshadow pada kelopak mata.

-Blending Brush
Bentuknya seperti powder brush hanya saja lebih kecil. Terbuat dari bulu alami. Gunanya untuk membaur warna eye shadow dan menghapus garis yang terlihat kasar.

-Crease Brush
Bentuknya runcing menyerupai pensil, sehingga sering juga disebut Pencil Brush. Terbuat dari bulu alami. Berguna untuk mengaplikasikan eyeshadow pada lipatan mata.

-Eyeliner Brush
Bentuknya runcing dan kecil. Ada berbagai macam jenis eyeliner brush tergantung tipis atau tebal hasil yang diinginkan. Terbuat dari sintetis. Berguna untuk mengaplikasikan eyeliner cair atau cream.

3. Lip Brushes
Brush jenis ini jarang sekali di gunakan, karena rata-rata setiap orang pasti menggunakan lipstick langsung dati tube nya karena lebih mudah. Seperti saya juga tidak memiliki lip brush. Lip brush biasanya digunakan para makeup artis agar lipstick yang mereka aplikasikan ke klien lebih higenis. Selain itu berguna untuk mengkoreksi bentuk bibir. Biasanya berbentuk seperti concealer brush hanya saja lebih kecil. Sama-sama terbuat dari sintetis.

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis makeup brushes. Tapi yang saya bahas adalah yang paling basic dan wajib dimiliki. Sekian pembahasan tentang Makeup Brushes, semoga bermanfaat ya:)

2 comments: